Senin, 17 November 2014

Analisis SWOT

Analisis SWOT adalah suatu kajian terhadap lingkungan internal dan eksternal wirausaha/perusahaan. Analisis SWOT pada suatu pembenihan ikan didasarkan pada asumsi bahwa strategi yang efektif adalah dengan memaksimalkan kekuatan(Strengths) dan peluang (Opportunities), serta meminimalkan kelemahan(Weaknesses) dan ancaman (Threats). Untuk menentukan strategi yang terbaik dilakukan, pembobotan terhadap tiap unsur SWOT berdasarkan tingkat kepentingan.
Analisis SWOT digunakan untuk mengetahui langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam pengembangan usaha pembenihan ikan sebagai alat penyusun strategi. Analisis SWOT dapat menentukan strategi pengembangan usaha pembenihan ikan lele dalam jangka panjang sehingga arah tujuan dapat dicapai dengan jelas dan dapat dilakukan pengambilan keputusan secara cepat.
Analisis SWOT dilakukan dengan mewawancarai pembudidaya pembenihan ikan lele dengan menggunakan kuisioner. Hal-hal yang perlu diwawancarai seperti, aspek sosila, ekonomi, dan tekhnik pembenihan ikan untuk mengidentifikasi factor internal dan eksternal yang memengaruhi keberhasilan usaha pembenihan ikan.
Analisis SWOT
Kekuatan (S)
Kelemahan (W)
Peluang (O)
Ancaman (T)
Tersedianya berbagai jenis variasi produk penjualan.
Belum tersedianya perkembangan usaha mengenai pembenihan ikan lele.
Adanya perluasan kesempatan kerja.
Harga produk/benih ikan lele yang masih belum stabil.
Kualitas produk penjualan yang tinggi.
Belum terlalu banyak pengalaman dalam budidaya, sehingga perlu untuk memperluas dan menggali lebih banyak pengalaman.
Peningkatan pendapatan terhadap pemasaran ikan lele.
Harga pakan ikan lele setiap tahunnya terus meningkat.
Kemasan yang menarik, sehingga daya minat masyarakat meningkat.
Belum optimalnya pemasaran mengenai ikan lele.
Permintaan akan ikan lele dipasaran yang tinggi.
Adanya hama penyakit yang menyerang kesehatan ikan lele.
-
Modal terbatas.
-
Sisa pakan yang menyebabkan kematian ikan lele.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar